Motor matic kini semakin hari semakin merajai berbagai jalan di Indonesia, khususnya kota-kota besar. Bagaimana tidak, jenis motor matic ini berbeda dengan motor generasi sebelumnya yang masih menggunakan gigi. Dengan motor matic anda hanya perlu gas tanpa perlu mengganti-ganti gigi. Bukan hanya itu, kelebihan lainnya dari motor matic adalah kepraktisannya sehingga sangat mudah untuk dijadikan kendaraan utama dalam menjalani mobilitas. Namun, anda juga perlu memperhatikan perawatannya, seperti rutin mengganti oli mesin motor matic https://www.republikseo.web.id/rekomendasi-oli-motor-matic-terbaik-di-indonesia/ secara berkala.

Motor matic sendiri terdiri dari 2 jenis oli, yakni oli mesin dan juga oli khusus transmisi. Kedua jenis oli ini sangat penting untuk membuat motor jadi punya tenaga sehingga bisa terus jadi andalan terbaik untuk kegiatan sehari-hari. Lalu bagaimana sih cara memilih oli motor terbaik agar performa motor jadi bagus? Yuk ikuti ulasannya di bawah:

Pastikan Oli Punya Standar API

Jika anda berencana mengganti oli motor, pastikan oli tersebut punya label API pada kemasannya. API mempunyai kepanjangan American Petroleum Institute, sebuah lembaga yang punya kredibilitas tinggi dalam menentukan kekentalan oli motor https://www.indiegogo.com/individuals/22487014. Dengan adanya label ini, pastinya akan sangat cocok untuk motor anda karena sudah dipastikan oli dengan label ini punya kualitas tinggi.

Oli Harga Mahal Punya Kualitas Tinggi

Harga mahal memang tidak pernah bohong. Oli yang punya harga sedikit di atas rata-rata pastinya memiliki kualitas tinggi. Jika punya uang lebih, anda bisa memberikan motor dengan oli mesin yang punya harga tinggi sehingga kesehatan motor tetap terjaga dengan sangat baik.

Kode SAE

Selain API, ada juga yang namanya kode SAE. Fungsinya sama, yakni sebuah lembaga yang menentukan kualitas oli mesin motor. SAE punya standar sendiri, jika skor SAE pada sebuah oli semakin kecil maka sudah dipastikan oli tersebut semakin encer.

Itulah cara singkat dalam menentukan oli mesin motor matic terbaik https://training.teldat.com/online/app/upload/users/6/6019/my_files/oli.html. Kapan anda mesti mengganti oli motor? Pada oli mesin, anda mesti menggantinya 2 bulan sekali atau setiap 2000 kilometer. Apalagi jika motor sudah terasa berat, maka motor mesti diganti oli mesinnya. Oli transmisi motor berbeda, anda bisa menggunakannya sedikit lebih lama karena pergantian oli ini biasanya setiap jarak tempuh 8000 kilometer.